Menengok Keindahan Air Terjun Sri Gethuk: Surga Tersembunyi di Jogja

Suara deru air terjun dan suasana yang sejuk memang menjadi obat ampuh untuk menghapus rasa penat. Perjalanan yang seru dan pemandangan yang asri pun, mampu menggaet ratusan pengunjung bertandang ke objek wisata alam ini. Buat kamu yang hobi pelesiran, Air Terjun Sri Gethuk bisa jadi opsi yang menarik.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Wonosari Jogjakarta
Gambar via: pegipegi.com

Air Terjun Sri Gethuk merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata alam di Jogja. Objek wisata alam ini berlokasi di Dusun Menggoran (Padukuhan Menggoran), Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Air Terjun Sri Gethuk memiliki nama lain Air Terjum Slempret. Nama ini berasal dari lokasi air terjun yang ada di Blok Slempret.

Untuk mencapai air terjun ini kamu bisa memilih 2 cara. Pertama dengan melalui jalan setapak atau menuruni tangga disambung dengan menyusuri Sungai Oyo menggunakan perahu.

Cara yang mana pun, pemandangan menuju lokasi tetap sama indahnya. Barisan tebing kapur dan pepohonan yang rimbun, akan membuat kamu enggan berpaling.

Pesona Air Terjun Sri Gethuk

Sungai Hijau Air Terjun Sri Gethuk
Gambar via: esteraprillia.com

Wilayah di sekitar Air Terjun Sri Gethuk diketahui sangat subur. Pasalnya, di sana terdapat tiga sumber mata air dengan debit yang cukup besar.

Ketiga sumber mata air yang dimaksud bernama Ngandong, Dong Pong, dan Ngumbul. Masing-masing tercatat menyumbang debit air dengan rata-rata 30 hingga 60 liter per detik. Debit air yang besar tersebut pun membuat lokasi mata air tampak seperti ngarai.

Bila dibandingkan dengan Air Terjun Tlogo Muncar yang debit airnya lebih sedikit, Air Terjun Sri Gethuk justru alirannya banyak dan stabil. Efek Air Terjun yang turun dari ketinggian 50 meter pun lebih terasa ketimbang Air Terjun Randusari yang tingginya hanya sekitar 14 meter saja.

Air terjun ini memang memiliki pesona eksotis yang menarik, tapi bukan cuma itu saja. Sebagaimana lokasi wisata alam lain, ada kisah mistis yang melingkupi air terjun ini. Bahkan, warga lokal percaya bahwa kisah tersebut bukanlah isapan jempol belaka.

Mitos Air Terjun Sri Gethuk Wonosari Angker

Mitos Air Terjun Sri Gethuk Wonosari Angker
Gambar via: berduakelilingindonesia.com

Penduduk setempat meyakini sebuah legenda dari Air Terjun Sri Gethuk. Menurut legenda, lokasi wisata tersebut adalah pusat berkumpulnya para jin atau makhluk halus yang dipimpin oleh Jin Anggo Menduro.

Tidak hanya itu, nama Air Terjun Sri Gethuk berasal dari sebutan kethuk yang merupakan salah satu alat musik gamelan milik Jin Anggo Menduro.

Kisah lain pun menyebutkan bahwa nama Slempret yang merupakan sebutan lain dari air terjun ini bersumber dari kata slompret (alat musik tiup). Lagi-lagi kisah menyatakan bahwa alat musik tersebut memang disembunyikan di dalam air terjun.

Warga sekitar meyakini bahwa di waktu-waktu tertentu, kita bisa mendengar suara gamelan dimainkan di sekitar lokasi Air Terjun Sri Gethuk. Suara gamelan yang bila kamu cukup berani untuk mendekatinya, maka suara itu akan menghilang.

Mitos yang membuat bulu kuduk bergidik ini justru menjadi daya tarik tambahan dari Air Terjun Sri Gethuk. Tidak sedikit yang kemudian malah bersemangat melakukan ekspedisi petualangan bersama kawan-kawan ke lokasi ini.

Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk Wonosari Jogja
Gambar via: punpunni.wordpress.com
Mengingat Air Terjun ini masih belum dikelola resmi oleh pemerintah daerah, maka harga tiket masuknya pun masih sangat murah. Namun, tidak hanya biaya tiket masuk yang harus kamu bayar.

Ada pengeluaran tambahan untuk perjalanan dari Padukuhan Menggoran menuju lokasi. Setibanya di lokasi parkir, kamu bisa menaiki shuttle hingga tiba di tepi Sungai Oyo. Selanjutnya, kamu bisa menaiki perahu tradisional berupa rakit hingga tiba di air terjun.

Tak puas hanya menikmati keindahan air terjun? Kamu boleh berenang di Sungai Oyo, kok!

Namun kamu harus berhati-hati karena kedalaman sungai mencapai 5 meter. Jika kamu tak pandai berenang, kamu bisa menyewa ban dan jaket pelampung dari penduduk setempat.

Secara keseluruhan biaya yang harus kamu siapkan adalah:

  • Tiket Masuk: Rp10.000,00 per orang (termasuk masuk Goa Rancang Kencono)
  • Naik Shuttle: Rp10.000,00 per orang (pulang-pergi)
  • Naik Perahu Tradisional/Rakit: Rp10.000,00 per orang (pulang-pergi)
  • Sewa Ban atau Jaket Pelampung: Rp5.000,00 sampai Rp10.000,00 per unit.

Rute Menuju Air Terjun Sri Gethuk Map

Rute Menuju Air Terjun Sri Gethuk Map
Gambar Via: google.co.id/maps/place/Air+Terjun+Sri+Gethuk

Berbeda dengan Air Terjun Tlogo Muncar di Kaliurang yang mudah dijangkau, Air Terjun Sri Gethuk terletak cukup jauh di pelosok desa. Untuk mencapainya, kamu bisa mengikuti rute berikut ini.


Rute Melalui Ring Road Timur

Berangkat dari Yogyakarta kamu harus masuk ke jalan Ring Road Timur Janti (fly over Janti). Jalan lurus hingga bertemu papan jalan yang mengarah ke Wonosari. Belok kiri dan ikuti terus jalur tersebut.

Setibanya di pertigaan Gading, beloklah ke kanan. Jalan lurus terus sampai menjumpai papan petunjuk arah dengan tulisan “Objek Wisata Air Terjun Sri Gethuk”.

Selanjutnya ambillah jalan ke arah kanan. Sekitar 3 km kemudian, kamu akan tiba di loket pembayaran tiket masuk ke air terjun.

Rute Melalui Jalan Koripan

Kamu bisa mengambil Jalan Imogiri Barat dari perempatan besar di jalan menuju Wonosari. Lurus terus hingga kamu menemui perempatan besar, lalu ambil jalan ke kiri. Ikutilah jalan tersebut sampai tiba di Jalan Koripan.

Perlu kamu ketahui, jalan Koripan ini sangat berliku-liku dengan kontur jalan yang naik-turun. Jadi, persiapkan diri kamu bila memutuskan untuk melalui rute ini, ya.

Setibanya di pertigaan antara Jalan Koripan dengan Jalan Dinglo Pathuk dan Jalan Playen Dinglo, ambil belokan ke kanan. Belokan ini adalah yang mengarah ke Jalan Playen Dinglo. Sekitar 8 km kemudian, kamu akan tiba di gerbang Air Terjun Sri Gethuk.

Baik memakai rute pertama maupun yang kedua, kamu tetap membutuhkan jasa penyewaan mobil. Hal ini dikarenakan rute menuju Air Terjun Sri Gethuk memang tidak dilalui oleh kendaraan umum.

Fasilitas dan Objek Wisata di Sekitar Lokasi Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk Wonosari
Gambar Via: buletinwisata.blogspot.com

Meskipun  Air Terjun Sri Gethuk belum menjadi lokasi wisata resmi, tetapi ada beberapa fasilitas yang cukup memuaskan para pengunjung. Beberapa fasilitas yang dimiliki destinasi wisata alam ini antara lain:

1. Areal Parkir

Areal parkir di lokasi gerbang penjualan tiket masuk air terjun terbilang luas. Jadi kamu tak perlu cemas. Bahkan bila kamu membawa rombongan yang menggunakan bis sekalipun.

2. Tempat Pemancingan

Buat kamu yang hobi memancing, di areal parkir terdapat lokasi yang menjadi tempat pemancingan.

3. Kamar Mandi

Pastikan kamu sudah ke kamar mandi sebelum melanjutkan perjalanan dengan perahu ke lokasi air terjun, ya. Karena hanya di areal parkir terdapat kamar mandi umum.

4. Musholla

Meski sederhana, tetapi setidaknya kamu bisa menunaikan ibadah salat di musala kecil yang terletak di kawasan parkiran.

5. Perahu Tradisional

Dulu, pengunjung yang ingin mencapai air terjun harus berjalan menyusuri jalan setapak yang melintasi sawah-sawah dan hutan jati. Kini, warga menyediakan perahu tradisional sebagai pilihan bagi pengunjung yang tak ingin lelah berjalan. 

6. Warung Makan

Lapar setelah perjalanan jauh, jangan cemas. Kamu dapat mencicipi masakan sederhana yang ditawarkan warung-warung kecil di areal sekitar lokasi air terjun. Tentu saja, pillihan makanan terbatas pada santapan tradisional seperti gathot dan nasi tiwul.

7. Penyewaan Ban dan Jaket Pelampung

Sungai yang terbilang dalam membuat jasa penyewaan ban dan jaket pelampung selalu ramai. Kamu pun bisa menjajal kesegaran sungai tanpa khawatir tenggelam, walau tidak pandai berenang.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, Air Terjun Sri Gethuk juga mempunyai beberapa objek wisata lain. Salah satu objek wisata yang paling populer dikunjungi setelah bertandang ke air terjun adalah Goa Rancang Kencono. Berikut ulasan singkatnya.

Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono
Gambar via: kwicaksono.wordpress.com

Puas menikmati keindahan air terjun dan bermain air di Sungai Oyo? Nah, sekarang saatnya kamu mengeksplorasi Goa Rancang Kencono. Tak perlu memikirkan pengeluaran tambahan untuk tiket, kok. Karena tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk telah terhitung sebagai karcis terusan untuk berpetualang ke Goa Rancang Kencono.

Goa ini berjarak kurang lebih 1 km dari Air Terjun Sri Gethuk. Goa yang berada di Desa Bleberan ini memiliki ciri khas berupa ruang yang lapang dengan ukuran sekitar 20×20 meter dan tinggi kurang lebih 12 meter. Umumnya lokasi ini kerap dijadikan sebagai camping ground oleh para wisatawan.  

Keunikan lain dari gua ini ialah keberadaan sebuah pohon klumpit (Terminalia edulis) tua di tengah-tengah ruang lapang tersebut. Konon sejarah mencatat bahwa Goa Rancang Kencono telah mencapai usia lebih dari 2 abad.

Menurut masyarakat setempat, di Goa inilah Laskar Mataram melakukan perencanaan strategi untuk mengusir penjajah Belanda dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Itulah asal dari nama ‘Rancang Kencono’ bermula.

Walaupun Goa Rancang Kencono ini termasuk kedalam kelompok gua purba, tetapi kamu tak membutuhkan perlengkapan khusus untuk bisa menjelajahinya. Kamu cukup menuruni tangga batu untuk memasuki gua.

Di dalam gua, kamu akan melihat stalagtit di langit-langit. Sayangnya, sebagian stalagtit tidak lagi meneteskan air. Menjelajahi gua, kamu akan menemukan ruang berukuran kecil yang sempit, pengap, dan gelap. Di bagian dalam ruangan tampak lukisan bendera Indonesia disertai kata-kata motivasi untuk para pejuang kemerdekaan.

Beranjak ke bagian lain gua, kamu bisa menemukan sebuah lorong. Warga meyakini bahwa lorong tersebut berhubungan dengan Air Terjun Sri Gethuk. Meski penasaran, kamu tidak bisa menelusuri lorong tersebut hingga ke ujungnya. Alasannya karena, sebagian dari lorong tersebut telah runtuh. 

Kelebihan dan Kekurangan Air Terjun Sri Gethuk

Seperti yang kamu ketahui, Jogja memiliki banyak lokasi air terjun yang memesona. Lalu apa keistimewaan Air Terjun Sri Gethuk dibandingkan air terjun lain? Inilah beberapa kelebihan Air Terjun Sri Gethuk.

1. Debit Air yang Stabil

Aliran Air Terjun Sri Gethuk tidak terpengaruh oleh musim. Bahkan andaikata kamu berkunjung di musim kemarau sekalipun, debit air terlihat relatif sedang dan tidak mengering.

2. Aliran Air yang Melalui Bebatuan Karst

Air yang terjun dari tebing turun mengenai bebatuan karst. Hal ini menambah efek dramatis dan keindahan dari air terjun.

3. Sungai yang Jernih

Suangi Oyo sangat jernih dan dalam. Hampir semua yang bertandang ke lokasi air terjun ingin buru-buru bermain air.

4. Legenda Mistis yang Menambah Seru Petualangan

Pengunjung Air Terjun Sri Gethuk memang didominasi oleh anak-anak muda berjiwa petualang. Alih-alih mengurungkan niat, justru kisah mistis makin membuat penasaran wisatawan muda untuk menjelajahi Air Terjun Sri Gethuk.

Selain kelebihan yang telah dipaparkan di atas, ada sedikit kelemahan destinasi wisata ini, yaitu:

1. Rute yang Tidak Dilalui Kendaraan Umum
Pengunjung harus membawa kendaraan sendiri disertai supir yang mengetahui rute menuju ke lokasi wisata ini. Hal ini tentu kurang efisien dari sisi biaya.
2. Fasilitas yang Belum Optimal
Kondisi fasilitas yang terasa masih apa adanya memang cukup terasa. Namun, pengunjung diharapkan mau memaklumi keadaan. Hal ini mengingat bahwa seluruh kawasan wisata Air Terjun Sri Gethuk bahkan hingga Goa Rancang Kencono, hanya dikelola oleh masyarakat lokal.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk bertandang ke lokasi wisata Air Terjun Sri Gethuk? Jika iya, pastikan kesehatan fisik kamu dalam kondisi baik. Jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam selama berada di areal wisata, ya.

Our Reader Score
[Total: 5 Average: 5]

Tinggalkan komentar