Hutan Pinus Imogiri, Pilihan Wisata Suasana Alam yang Asri

Hutan Pinus Imogiri – Berwisata alam dihutan, pernah terfikirkan? Ya memang keindahan alam Jogjakarta tak pernah habis untuk selalu dinikmati oleh para wisatawan yang menjadikan Jogjakarta sebagai destinasi wisata mereka.

Mulai dari indahnya gunung dan pegunungan, wisata sejarah yang menyatu dengan alam, wisata goa, air terjun, pantai yang indah hingga pesona hutan pinus yang kini jadi sorotan. Hutan Pinus Imogiri adalah salah satunya.

Hutan Pinus yang sebenarnya tidak berada di Mangunan ini lebih terkenal dengan sebutan Hutan Imogiri, karena letaknya yang sejalur dengan makam Imogiri. Hutan yang menyajikan suasana yang asri dan hijau ini terhitung tak pernah sepi pengunjung.

Hutan yang di kelola oleh perhutani ini sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai hutan lindung. Dan karena pemandangan indahnya, hutan ini kahirnya dibuka untuk wisata. Hutan Pinus Imogiri ini termasuk jenis hutan lindung homogen.

Hutan seluas 500 hektar ini mayoritas ditumbuhi oleh pohon Pinus Merkussi, selebihnya adalah jenis pohon akasia, Kayu Putih, Kemiri, Mahoni serta banyak tumbuhan perdu lainnya.

Sebelumnya Pinus Imogiri ini merupakan kawan tandus karena terjadi pembalakan liar dan kebakaran hutan. Namun setelah pengelola melakukan reboisasi dan pengelolaan di semua aspeknya.

Kini hutan Pinus Imogiri ini menjadi hutan yang asri sekaligus destinasi wisata yang indah.

Keindahan Wisata Hutan Pinus Imogiri Yogyakarta

Keindahan Alam Hutan Pinus Imogiri Yogyakarta
Gambar via: starjogja .com

Hutan Pinus yang sebenanya teletak di Desa Mangunan ini kini sangat menarik perhatian publik. Wisatawan yang mengambil foto indah lokasi ini serta mereka membagikan foto- foto tersebut ke halaman sosial media mereka.

Alhasil banyak orang yang melihat serta penasaran untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut. Ada keindahan yang terdapat di lokasi wisata Hutan Pinus Imogiri :

  • Pohon Pinus yang Menjulang Tinggi

Banyaknya pohon pinus ang menjulang tinggi membuat tempat ini terlihat indah, dan menjadi asri. Pohon pinus yang tersebar di atas tanah seluas 500 hektar ini terasa lebih magis apabila terdapat kabut yang menyelimutinya. Kabut- kabut ini dapat didapati oleh wisatawan di pagi atau sore hari.

  • Keindahan Hutan Pinus Imogiri menjadi Spot Foto yang Instagramable

Banyaknya wisatawan khususnya anak muda yang mengunjungi lokasi Hutan Pinus Imogiri ini karena tertarik adanya spot foto yang indah di dalam hutan Pinus Imogiri ini.

Selain karena keindahan alamnya, pihak pengelola pun sengaja mebuat spot foto agar dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk mengabadika setiap momen yang ada.

Biasanya setelah berburu foto di spot yang bagus dan mendapatkan angle yang bagus, biasanya mereka membagikannya di laman sosial media mereka seperti, facebook, instagram dan banyak lainnya.

Selain itu karena loksinya yang begitu indah lokasi Hutan Pinus Imogiri ini juga di gunakan dalam salah satu setting film AADC 2.
  • Emasnya Warna Cahaya Matahari di Pagi dan Sore Hari

Siapa sih yang tak ingin menikmati indahnya pancaran mathari. Biasanya wisatawan menikmati indahnya sunrise diatas gunung yang tinggi, namun kini wisatawan dapat menikmati sisi lain dari indahnya matahari pagi dari dalam rimbunnya hutan pinus.

Salah satu waktu yang dinanti oleh para wisatawan adalah saaat matahari mulai naik dan warna keemasannya menyelinap diantara pohon- pohon pinus yang tinggi.

Waktu- waktu sekitar pukul 07.00 hingga pukul 09.00 adalah waktu yang tepat untuk menimatai keindahan sinar matahari ini.

Selain di waktu pagi, senjapun sangat cocok untuk menghabiskan waktu menikmati jingganya matahari. Dua waktu inilah yang bisa dibilang menjadi waktu yang paling dinanti oleh wisatawan.

  • Indahnya Bukit Hijau di Sekeliling Hutan Pinus Imogiri

Menjadi sangat cocok suasana hutan yang hijau dan asri untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Apalagi dengan pemandangan sekitar yang begitu hijau, yaitu deretan perbukitan hijau yang indah serta aliran air sungai yang indah bila dilihat dari ketinggian.

Semua pemandangan itu dapat kita nikmati di Hutan Pinus Imogiri
  • Sumber Mata Air Bengkung

Sumber Mata Air Bengkung di Hutan Pinus Imogiri

Di sekitar Hutan Pinus Imogiri ini terdapat situs sejarah yaitu adanya sumber mata air Bengkung. Untuk menuju lokasi sumber mata air Bengkung ini dapat dicapai dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor.

Namun hanya bisa menggunakan kendaraan beroda 2 karena jalan yang akses jalan menuju sumber air ini tak bisa dilewati oleh kendaraan beroda empat. Dan diketahui bahwa sumber mata air  bengkung ini tak pernah surut dan kering walaupun pada musim kemarau.

Sayang lokasi wisata sejarah Sultan Agung dan Sunan Kalijaga ini belum banyak dikenal masyarakat luas.

Fasilitas yang Terdapat di Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri, daerah istimewa yogyakarta
Gambar via: unycommunity .com

Keindahan yang terdapat di Hutan Pinus Imogiri ini akan terlihat nampak lebih indah jika dtang diwaktu yang tepat seperti di pagi hari karena pancaran cahaya matahari akan menembus sela- sela pohon dan hutan masih dilemuti kabut yang tebal. Selain keindahan itu disini juga terdapat banyak fasilitas yang tersedia seperti:

  • Gardu Pandang

Di Hutan Pinus Imogiri ini terdapat gardu pandang yang berdiri dengan menempel pohon. Gardu pandang ini berdiri sekitar 10-12 m dan terbuat dari batang bambu. Terdapat dua tingkat gardu pandang, dan di masing masing gardu pandang ini dapat dinaiki oleh wisatawan maksimal 2 orang saja untuk menjaga keamanan.

Diatas gardu pandang ini para wisatawan adan dapat melihat landskap pemandangan yang indah, hijaunya perbukitan dihiasi dengan indahnya aliran air sungai Opak. Namun tak semua wisatawan mpunyai nali yang besar untuk menaiki gardu pandang ini.

Karena gardu pandang yang terbuat dari bambu ini akan sedikit bergoyang saat angin menerpa. Dan tidak disarankan untuk bergerak berlebih atau melompat-lompat karena akan membuat gardu pandang makin bergoyang.

Dan jika lokasi wisata Hutan Pinus Imogiri ini sedang ramai, maka setiap wisatawan yang menaiki gardu pandang akan dibatasi waktunya, sekitar 10 menit untuk dapat menikmati landskap pemandangan yang indah.

  • Tersedia Spot Foto yang Sengaja Dibuat Untuk Wisatawan

Bahkan saat baru memasuki lokasi terdapat gapura dan taman bunga kecil dengan bunga yang berwarna-warni yang menjadi salah satu spot foto favorit para wisatawan. Di dalam Hutan Pinus Imogiri ini dibuat spot foto sepserti tempat duduk bertuliskan kata-kata, ayunan dan masih banyak lagi.

  • Hammock Disediakan untuk Bersantai dan Menikmati Indahnya Pemandangan

Selain adanya gardu pandang untuk menikmati landskap perbukitan, dan spot- spot foto yang indah, di Hutan Pinus Imogiri ini juga disediakan hammock untuk para wisatawan.

Hammock ini diikatkan pada dua batang pohon pinus yang berjejer dan anda dapat bersantai ria dengan duduk-duduk bahkan rebahan di atas hammock untuk menikmati suasana yang asri.
  • Panggung Terbuka

Selain itu adanya panggung terbuka yang memiliki konsep alam juga terdapat di Hutan Pinus Imogiri ini. Dengan panggung yang terbuat dari kayu serta tempat duduk untuk penonton yang tebuat dari kayu utuh juga dibuat melingkar mengelilingi panggung.

Sangat indah ide yang dicetuskan untuk membuat panggung alam di sekitar rerimbunan pohon pinus yang menjulang.

Panggung bertema alam di dalam hutan pinus ini telah menjadi sorotan banyak orang bahkan foto keindahannya menjadi bahan perbincangan hingga ke luar negeri.

Jika beruntung, banyak acara yang diadakan di atas panggung alam ini, seperti acara musik, acara dongeng anak, dan masih banyak lainnya lagi.

  • Warung Makan

Untuk para wisatawan yang telah lelah berkeliling dan menikmati keindahan hutan pinus ini, dan perut mulai terasa keroncongan, tak perlu khawatir karena disini banyak tersedia penjual makanan yang menjajakan makanannya.

  • Mushola dan Toilet

Selain itu untuk fasilitas toilet dan moshola juga tersedia dengan kondisi yang layak,di hutan Pinus Imogiri ini dilengkapi area parkir yang luas dan dijaga oleh petugas parkir. Jadi tak perlu khawatir untuk para wisatawan saat hendak berkunjung disini.

Jadwal Buka dan Harga Tiket di Hutan Pinus Imogiri Jogja

Hutan Pinus Imogiri yang memiliki luas sekitar 500 hektar ini dibuka untuk umum selama 7 hari dalam seminggu, artinya lokasi wisata ini buka setiap hari. Jadi para wisatawan tak perlu khawatir jika hendak berkunjung di hari apapun.

Dan untuk harga tiket masuk lokasi wisata Hutan Pinus Imogiri ini gratis alias tidak dipungut biaya. Padahal fasilitas yang disediakan sudah cukup bagus dan lengkap. Para wisatawan hanya perlu membayar parkir kendaraan bermotor, yaitu sebesar:

KendaraanBiaya
MotorRp 3.000,00
MobilRp 10.000,00
BusRp 25.000,00
*harga tersebut dapat berubah sewaktu- waktu

Rute Jalan Menuju Hutan Pinus Imogiri

Ruta Jalan Menuju Hutan Pinus Imogiri
Gambar via: miftahuljannah2.blogspot .com

Hutan Pinus Imogini ini secara administratif bukan terletak di Imogini, namun terletak di Desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta. Letak Hutan Pinus Imogiri ini tak jauh dari pusat kota Jogja, berjarak sekitar 24 km dan dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 30 menit.

  • Rute Menuju Lokasi Hutan Pinus Imogiri

Untuk rute yang dapat ditempuh untuk menuju lokasi ini dari Kota Jogja bisa mengambil arah Jl Imogiri Timur, kemudian lurus sajahingga sampai di pertigaan Imogiri dan mengambil arah ke kiri menuju makam Raja- Raja Imogiri.

Kemudian jika sudah sampai ke pertigaan berikutnya ambil arah kanan untuk sampai ke Mangunan, dan di pertigaan Mangunan bisa ambil arah kiri untuk menuju lokasi hutan Pinus.

Untuk para wisatawan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil karena disini terhitung sulit untuk mendapati kendaraan umum.

Apabila ingin menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja atau bisa mengklik halaman Home pada situs ini.

Tips Wisata di Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri Jogja
Gambar via: bacaberita .com

Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri ini sebaiknya memperhatikan hal-hal seperti berikut:

  • Tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan

Yak, untuk para wisatawan, jenis kendaraan yang akan digunakan serta kondisi kendaraan harus dicek terlebih dahulu. akses untuk menuju lokasi jarang di temukan kendaraan umum, serta jalur yang berkelok-kelok. Banyak terdapat jalan sempit yang menanjak, sehingga skill berkendara juga harus diperhatikan.

  • Kondisi Badan yang Sehat

Selain itu hal wajib yang harus diperhatikan oleh para wisatawan adalah kondisi kesehatan yang fit agar dapat menikmati setiap perjalanan dengan nyaman. Serta jangan lupa untuk selalu membawa obat atau barang kebutuhan pribadi yang mungkin akan sulit ditemukan di lokasi yang akan dituju.

  • Menyiapkan Kamera yang Pastinya dengan Battery dalam Keadaan Fully Charged

Selain itu menyiapkan kamera agar dapat mengabadikan momen indah dengan sempurna. Kamera dengan battery fully charged ya.. agar tak kehabisan battery saat sedang asyik mengabadikan momen.

Tak perlu memaksakan membawa kamera yang bagus, jika dengan kamera seadanya anda telah memiliki skill fotografi yang baik dan dapat mencari angel yang bagus, hasil fotopin akan terlihat bagus.
  • Ajak Teman atau Keluarga agar Liburanmu Tak Sendirian

Selain kamera dengan battery fully charged, juga teman yang mau memfotokan kita, dan momen-momen yang lain juga, sehingga tak semua foto yang kita ambil adalah hasil selfie. Mengajak teman dan keluarga tak melulu hanya untuk mengabadikan foto kita saja, dengan mereka kita dapat berbagi kebahagiaan

  • Siapkan Bekal Untuk yang Ingin Camping

Dan perlu di perhatikan  juga untuk para wisatawan yang ingin bermalam di Hutan Pinus Imogiri ini, tidak terdapat penginapan di sekitar lokasi.

Namun tak perlu khawatir karena wisatawan dapat memanfaatkan camping ground sehingga wisatawan dapat mendirikan tenda di dalam hutan ini, dan hal yang perlu diperhatikan adalah membawa bekal makanan yang cukup.

Karena pedagang makanan tidak berjualan hingga malam, dan juga membawa penerangan yang cukup karena di dalam hutan tidak terdapat penerangan yang mencukupi.

  • Jangan Lupa Eksplore Lokasi Wisata yang Terdapat disekitar Lokasi

Dan untuk para wisatawan jangan pula melewatkan untuk mengeksplore lokasi wisata yang terdapat disekitar Hutan Pinus Imogiri ini.

Banyak sekali lokasi wisata yang bagus yang dapat dikunjungi yang lokasinya tak jauh dari Hutan Pinus Imogiri, seperti Kebun Buah Mangunan, tebing becici, hutan pinus pengger, rumah hobbit, serta banyak sekali lokasi wisata lainnya.
  • Jagalah Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab setiap pengungjung, jadi jangan buang sampah sembarangan, jaga fasilitas umum seperti mushola dan toilet agar kebersihannya tetap terjaga.

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan komentar