Tak Sekedar Kebun Buah, Wisata Mangunan Punya View Layaknya di Puncak Gunung

Kebun Buah Mangunan – Jogjakarta adalah salah satu wilayah yang tak pernah surut menarik perhatian para wisatawan untuk terus mengunjunginya. Baik dari segi budaya yang arif, kuliner yang memanjakan lidah dan tentunya lokasi wisata yang sangat banyak macam dan jenisnya.

Banyak pilihan untuk para wisatawan menghabiskan waktu dan melepas penat di Jogjakarta. Mulai dari wisata alam, hutan pinus, pantai, goa, hingga wisata kekinian semua ada di Jogja. Dan untuk melepas penat para wisatawan, wisata alam bisa jadi pilihan paling ampuh.

Selain menyegarkan mata juga dapat menyegarkan fikiran dan menikmati keindahan dan kesegaran alam. Salah satu pilihan wisata alam yang dapat dikunjungi para wisatwan adalah, kebun buah Mangunan.

Di kebun buah Mangunan ini banyak sekali spot yang dapat digunakan untuk menikmati keindahan kota Jogjakarta diatas ketinggian. Dari mulai suasana kota, bentangan sungai Oyo juga pantai dapat terlihat diatas bukit kebun buah Mangunan ini.

Lokasi kebun buah mangunan ini dikenal juga dengan sebutan negri di atas awan. Karena jika berdiri diatas ketinggian, gumpalan awan dapat dinikmati dan wisatawan seakan berada diatas awan.

Sunrise Kebun Buah Mangunan Imogiri

Sunrise Kebun Buah Mangunan
Gambar via: lookjogja-blogspot-com

Kebun Buah yang berada di ketinggian 150-200m di atas permukaan laut ini memiliki udara yang sangat sejuk. Sangatlah cocok untuk para wisatawan yang ingin melepas penat dari riuhnya suasana kota. Tak hanya kebun buah saja yang ditawarkan.

Namun gardu pandang untuk melihat pemandangan Jogja sangatlah menarik perhatian wisatawan, gardu pandang ini berada si ketinggian 200m diatas permukaan laut. Dengan ketinggian 200m di atas permukaan laut tak perlu khawatir untuk para wisatawan untuk menaiki tempat ini.

Karena sepanjang perjalanan akan menemukan pemandangan yang indah, serta sejuknya udara. Dan jika sudah berhasil sampai ke gardu pandang ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang indah dari Gunung Sewu dan sungai Oyo yang jika beruntung bisa melihat warna sungai yang tosca.

Untuk pera wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati sensasi diatas awan dibutuhkan waktu yang tepat unduk mendapatkan kepulan kabut yang menyelimuti sekitar. Biasanya bisa dinikmati di pagi hari dengan cuaca cerah seusai hujan. Begitu juga wisatawan yang ingin menikmati indahnya sunrise, tempat ini sangatlah cocok.

Sunrise yang indah akan disuguhkan saat cuaca mendukung. Jadi jika ingin menikmati suasana yang cocok, perhatikanlah cuaca saat ingin mengunjunginya

Fasilitas Kebun Buah Mangunan Imogiri Yogyakarta

Fasilitas Wisata Kebun Buah Mangunan
Gambar via: semutirengtransport-co-id

Tak usah khawatir saat mengunjungi kebun buah Mangunan ini. Sudah banyak fasilitas yang tersedia disini untuk menujanag kenyamanan para wisatawan yang berkunjung. Kebun buah yang memiliki luas sekitar 23,3415 ha ini memiliki ribuan pohon buah yang tumbuh subur di dalamnya.

Ada sekitar 1500 pohon durian, 950 pohon mangga, 220 pohon jeruk serta sarutan pohon buah lain seperti jambu air, belimbing, rambutan dan masih banyak lagi. Tak hanya pohon buah saja yang ada di dalam kebun buah Mangunan ini, adanya hewan seperti rusa, sapi sengaja di pelihara.

Untuk rusa para pengunjung bisa berinteraksi langsung dan memberi makan rusa. Adanya hewan hewan peliharaan ini selainmenambah populasi ternak sapi juga untuk mendukung siklus ternak da pohon buah, yaitu hewan menghasilkan kotoran yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk untuk pohon buah yang tumbuh disana.

Selain pohon buah, hewan ternak, serta pemandangan indah yang disuguhkan. Di kebun Buah Mangunan ini terdapat banyak fasilitas lain seperti kolam renang anak, flying fox, jembatan goyang,area pancing, dan aneka permainan outbound lainnya.

Di kebun Buah Mangunan ini juga terdapat kolam khusus untuk bebek kayuh. Selain itu untuk para wisatawan yang ingin bermalam di sini tak perlu khawatir karena disini juga tersedia camping ground dan penginapan bahkan ruang pertemuan.

Jika beruntung para wisatawan bisa menikmati event yang sering di selenggarakan disini yang berada di panggung terbuka.

Untuk paara wisatawan yang mengunjungi kebun buah mangunan tak perlu khawatir untuk beribadah karena di kebun buah mangunan ini telah tersedia mushola, selain mushola juga sudah terdapat toilet yang memadai. Selain itu juga ada penjual makanan yang jika perut mulai kosong dan bekal tak memadai tak perlu khawatir lagi.

Untuk para pecinta olahraga sepeda gunung, disini juga terdapat lintasan downhill atau cross country yang dapat di sewa. Lintasan ini memiliki panjang kurang lebih 2300m untuk downhill dan sepanjang 3800m untuk kelas Cross Country.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan Jogja

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan
Gambar via: piknikdong-com

Selain keindahan suatu lokasi wisata, akses menuju lokasi wisata, harga tiket masuk juga sering menjadi pertimbangan para wisatawan untuk mengunjungi suatu lokasi wisata. Hmm untuk harga tiket masuk kebun Buah Mangunan ini cukup murah dibandingkan dengan keindahan yang ditawarkan.

Ya cukup Rp 5000 saja wisatawan sudah bisa masuk dan menikmati keindahan dan kesejukan Kebun Buah Mangunan ini. Tak ayal jika kebun Buah Mangunan ini selalu diminati para wisatawan. Selain tiket masuk wisatawan juga menyiapkan uang Rp 2000 untuk biaya parkir motor.

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia di dalam kebun buah Mangunan ini berikut daftar harga sewa di kebun Buah Mangunan:

Nama Fasilitas (Permainan)Biaya Sewa
OutboundPaket untuk 10 orang Rp 200.000
(flying fox,reflying, jembatan goyang)
MemancingTarif Rp 2.000/orang
Berkemah (Camping Ground)Dikenakan biaya Rp. 5000/orang per harinya.
BerenangPool anak Rp 2000/orang untuk durasi 1jam
Sepeda GunungHarga sewa lintasan Rp 50.000/5 orang
*Harga bisa berbubah sewaktu-waktu

Rute Jalan Menuju Kebun Buah Mangunan

Rute Jalan Menuju Kebun Buah Mangunan
Gambar via: goweswisata-blogspot-com

Kebun buah yang telah dibuka sejak tahun 2003 ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jarak lokasi kebun buah Mangunan dengan pusat kot Jogjakarta sekitar 35km, dan 15km dari ibukota Kabupaten Bantul.

Untuk menuju ke kebun buah Mangunan ini dapat diakses dengan kendaran pribadi maupun umum, baik motor dan mobil, juga dapat di tempuh dengan menggunakan sewa mobil Jogja untuk memudahkan akses menuju lokasi.

Medan yang dilewati untuk menuju lokasi tidaklah sulit, para wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan alam yang luar biasa indah sepanjang perlajalanan menuju lokasi.

Untuk rute yang bisa dilewati untuk menuju lokasi wisatawan bisa mengambil dari arah ringroas selatan kemudian berbelok ke arah selatan menuju jalan Imogori timur.

Setelah sampai di perempatan Giwangan Jogja bisa mengambil ke arah selatan, dan terus mengikuti jalan Imogiri hingga menemukan petunjuk arah menuju Kebun Buah Mangunan. Dan kemudian berbelok kiri hingga menemukan tugu Kebun Buah Mangunan

Tips Bagi Wisatawan yang Ingin Berkunjung Wisata

Perlengkapan Travelling Kebun Buah Mangunan
Gambar via: denymerveilleux-blogspot.co.id

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk para wisatawan yang hendak mengunjungi Kebun Buah Mangunan agar dapat menikmati dengan sempurna

Kondisi Kesehatan Harus Fit

Tak hanya untuk mengunjungi lokasi wisata Kebun Buah Mangunan saja, melainkan untuk semua rencana liburan para wisatawan hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum pergi adalah kondisi kesehatan tubuh.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat menikmati suasana liburan maka kondisi badan harus baik. Selain itu bawalah obat-obatan pribadi yang sekiranya dibutuhkan.

Jam Buka Kebun Buah Mangunan

Ya selain kesehatan waktu kunjungan juga menjadi hal yang harus di persiapkan dengan baik. Akan sia-sia jika kita mengunjungi suatu tempat namun cuaca tidak mendukung.

Untuk mengunjungi kebun Buah Mangunan ini waktu pagi dan sore hari adalah waktu yang sangat cocok, karena kita bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset.

Pagi hari di Kebun Buah Mangunan jika beruntung dan cuaca bagus wisatawan akan bisa menikmati sensasi berada diatas awan.

Tak hanya itu gunung Sewu akan terlihat dengan indah saat cuaca tak mendung. Untuk sungai Oya akan terlihat cantik dan berwarna tosca saat tidak sedang hujan atau setah hujan.

Berlibur Bersama Teman Akan Terasa Lebih Asyik

Tak ada yang lebih asyik ketika kita menghabiskan waktu bersama teman kita. Sama hal nya dengan  liburan. Tak enak bukan jika datang sendiri ke suatu tempat wisata.

Kita akan kebingungan jika ingin mengabadikan suatu momen yang tidak hanya bisa diambil dengan selfie saja. Jika dengan teman kita akan bisa berbagi kebahagiaan juga ada yang bisa mengabadikan foto kita.

Apalagi untuk mengabadikan landskap di gardu pandang, akan merepotkan jika kita hanya take a selfie atau hanya menggunakan tripod. Yaa, bersama teman agar lebih seru mehabiskan waktu menghilangkan penat menikmati liburan.

 Menyiapkan Kamera

Tak dipungkiri jika berwisata pastilah kita ingin memburu spot terbaik untuk diabadikan, selain untuk “oleh-oleh” wisata, foto adalah hal yang dapat menangkap moment dengan baik

Menyiapkan kamera yang baik dengan kualitas yang baik serta kemampuan kita untuk membidik gambar dengan baik merupakan satu paket khusus yang harus dimiliki oleh para wisatawan. Di era sosial media, bahkan anak muda rela berburu mencari lokasi wisata baru yang indah untuk dapat berbagi di laman sosial media mereka.

Hasil foto di lokasi wisata yang di bagikan para wisatawan dilaman sosial media akan membantu promosi suatu lokasi wisata tersebut. Jadi jangan ragu untuk mebidik gambar yang bagus juga dapat membantu promosi suatu lokasi wisata.

Menikmati Suasana Lebih Dekat Dengan Semesta

Ya, wisata di Kebun Buah Mangunan ini salah satunya adalah menikmati setiap langkah dengan lebih dekat dengan alam. Salah satunya adalah dengan berjalan kaki, melihat dan menikmati keindahan alam.

Selain itu juga dengan menjaga alam dngan tidak mengotorinya dengan sampah-sampah yang kita bawa. Sebaiknya sampah dibawa dulu jika belum menemukan tempat sampah di sekitar anda.

Mengeksplore Lokasi Wisata Lain Di Sekitar

Tak mau rugi kan jika jauh-jauh mengunjungi suatu tempat hanya 1 tempat saja yang kita kunjungi? Ya pastilah sempatkan untuk mengeksplore lokasi wisata sekitar yang bisa dinikmati. Seperti di Kabun Buah Mangunan ini. Juga terdapat lokasi wisata lain yang tak kalah bagus untuk dikunjungi.

Seperti Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Pengger, Bukit Panguk, Bukit Mojo, Puncak Becici, dan tebing Watu Mabur, serta masih banyak lagi. Dan jangan ragu untuk mengeksplore lokasi wisata baru.
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan komentar