Menilik Pesona Pantai Pok Tunggal Gunungkidul Yogyakarta

Jajaran pantai di Gunungkidul memang menciptakan daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Pantai Pok Tunggal yang juga dikenal akan pesona hamparan pasir putihnya. Namun, ada ciri khas dari pantai ini yang tiada duanya. Ciri itu adalah keberadaan sebatang pohon Duras yang menaungi tepian pantai.

Pohon Duras yang hanya satu tersebut merupakan sumber penamaan pantai Pok Tunggal. Maknanya adalah ‘pokok pohon’ yang ‘tunggal’. Pohon ini selalu dijaga agar tetap hidup oleh masyarakat setempat.

Bukan cuma itu, warga pun sangat mementingkan kebersihan agar lingkungan pantai tetap asri. Tidak main-main, masyarakat memberlakukan sistem denda sebesar Rp10.000,00 bagi pengunjung yang tidak menjaga kebersihan.

Perlu kamu ketahui bahwa, Pantai Pok Tunggal dibuka sebagai objek wisata alam sejak tahun 2012 lalu. Itu pun pengelolaannya masih di bawah masyarakat setempat. Maka jangan heran bila fasilitas yang tersedia di Pantai Pok Tunggal tak selengkap di Pantai Indrayani atau Pantai Baron.

“Ciri khas dari Pantai Pok Tunggal adalah keberadaan pohon Duras tua yang menaungi tepi pantai. Tak hanya itu, adanya mata air tawar juga menjadi keunikan dari pantai ini”.

Lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul
Gambar via: 1001malam.com

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini hanya berjarak 15 menit dari Pantai Indrayani.

Bila bertolak dari pusat kota Yogyakarta, maka jarak tempuhnya mencapai 70 km lebih. Setara dengan 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sepanjang perjalanan, kamu perlu menyiapkan fisik dan mental. Pasalnya, perjalanan akan melalui rute yang berbatu-batu dan diapit oleh dua bukit karang. Tidak hanya itu, jalanan yang terjal juga berkelok akan membuat jantung berdebar-debar.

Rute  Pantai Pok Tunggal Map dari Solo – Klaten

Rute Pantai Pok Tunggal Map Solo
Lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul di Map Google

Walau lokasinya cukup tersembunyi di balik bukit karang yang tinggi, tetapi rute menuju Pantai Pok Tunggal sebenarnya tidak rumit. Ada dua rute yang bisa kamu gunakan. Sayangnya, kedua rute tersebut hanya bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan pribadi. Berikut uraian kedua rute Pok Tunggal.

  • Rute dari Solo ke Klaten

Bertolak dari Solo kemudian Klaten lanjutkan menuju Prambanan. Setelah mencapai pertigaan Jalan Solo Prambanan, pilihlah jalur kiri menuju Jalan Wonosari. Terus hingga melalui Patuk – Sambipitu – Hutan Bunder – Wanagama.

Lanjutkan perjalanan melalui Gading – Logandeng – Jalan Siyono – hingga tiba di Bundaran Tugu BPD. Masuk terus ke Jalan Kyai Legi lanjutkan ke Jalan Lingkar Selatan hingga melalui Jalan KRT Djojodiningrat dna Jalan Girisubo.

Masuk ke kota Wonosari teruskan melalui Jalan Saptosari hingga masuk ke kawasan Tepus. Perhatikan papan penunjuk arak ke lokasi Pantai Pok Tunggal. Maka, kamu akan tiba di Pantai Pok Tunggal.

  • Rute dari Yogyakarta

Dari kota Yogyakarta masuk ke Piyungan hingga melewat Patuk. Teruskan masuk ke arah Hutan Bunder. Lalui Gading – Logandeng – kawasan Siyono. Setiba di Bundaran Tugu BPD lanjutkan hingga melalui Jalan Kyai Legi terus lewati Jalan Lingkar Selatan – Jalan KRT Djojodiningrat. Kemudian teruskan perjalanan melalui Jalan Girusubo lanjutkan sampai memasuki kawasan Wonosari.

Dari Wonosari lanjutkan ke Jalan Saptosari hingga ke Tepus. Kamu akan masuk dari arah Pantai Baron. Pada pertigaan ambil arah kiri yang menuju ke Pantai Indrayanti. Setibanya di pertigaan Pantai Indrayanti pilih jalan ke kiri. Terus ikuti jalanberaspal hingga kamu tiba di Pos Retribusi. Dari sini kamu ikuti papan penunjuk jalan hingga tiba di Pantai Pok Tunggal.

Bagi kamu yang tetap ingin menggunakan kendaraan umum, ada solusi transportasi yang bisa digunakan. Jika berangkat dari Jogja, setibanya di Terminal Wonosari kamu harus melanjutkan perjalanan dengan ojek. Biaya yang harus kamu siapkan tergantung kesepakatan dengan pengemudi. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tarif ojek sekitar Rp20.000,00 lebih.

Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Harga tiket sangat terjangkau. Meski harga ini bisa berbeda antara di hari biasa dan saat libur panjang.

  • Tiket Masuk: Rp10.000,00 per orang (berlaku untuk dewasa maupun anak-anak)

Penting untuk kamu ingat bahwa harga tiket yang dicantumkan di artikel ini bisa saja berubah.

Fasilitas yang Ada di Pantai Pok Tunggal

Fasilitas umum yang tersedia di Pantai Pok Tunggal cukup memadai untuk dimanfaatkan oleh para pengunjung. Adapun beberapa fasilitas yang telah disediakan warga antara lain:

  1. Areal Parkir

Areal parkir di Pantai Pok Tunggal terbilang cukup lapang. Walau demikian, kendaraan yang berukuran paling besar di sana hanya minibus. Hal ini lebih disebabkan karena akses jalan yang memang riskan bila dilalui oleh kendaraan dengan ukuran lebih besar.

Pengelolaan parkiran terbilang rapi. Masyarakat setempat akan memastikan keamanan dari kendaraan yang kamu gunakan. Biaya yang dikenakan untuk parkir pun sangat terjangkau. Hanya berkisar antara Rp3.000,00 hingga maksimal Rp15.000,00 per unit. Biaya yang dicantumkan di sini masih bisa berubah sewaktu-waktu. Namun, biaya parkir pastinya masih terjangkau.

  1. Warung Makan

Jajaran warung makan di tepi pantai menambah betah para pengunjung. Bagaimana tidak? Walaupun tampak sederhana, tetapi warung makan menawarkan menu yang lumayan mengenyangkan.

Apalagi, harga makanan dan minuman dipatok dengan nominal yang sangat ‘bersahabat’ di kantong. Untuk menikmati sajian di Pantai Pok Tunggal, kamu harus merogoh kocek antara Rp7.000,00 sampai maksimal Rp20.000,00 per porsi.

Ingat, jangan buang sampah bekas makanan kamu sembarangan. Bila malas menjaga kebersihan, jangan kaget jika kamu terkena denda oleh warga lokal.

  1. Toilet Umum

Fasilitas umum yang satu ini memang terbilang krusial. Tenang saja, ada lebih dari satu toilet umum yang disediakan oleh warga. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menggunakan kamar mandi mulai dari Rp2.000,00 sampai Rp3.000,00 per orang.

  1. Musholla

Keberadaan tempat ibadah tak dapat dimungkiri menjadi salah satu faktor penilaian kelayakan destinasi wisata. Nah, tak perlu cemas. Warga telah menyiapkan musala untuk para pengunjung.

  1. Penyewaan Payung Pantai
Penyewaan Tenda di Pantai Pok Tunggal
Gambar via: lookjogja.blogspot.com

Merasa kegerahan dan butuh tempat berteduh? Jangan risau. Warga menawarkan penyewaan payung pantai yang bisa kamu gunakan selama di sana. Harganya pun sangat terjangkau yakni, Rp20.000,00 per payung yang bisa memuat maksimal 3 orang.

  1. Penyewaan Gazebo

Jika payung pantai dirasa kurang cukup untuk menaungi, maka menyewa gazebo bisa menjadi pilihan. Peningkatan jumlah wisatawan lokal maupun global, membuat warga berinisiatif untuk membangun gazebo-gazebo di sepanjang tepian pantai.

Lokasi gazebo yang dibangun berdekatan dengan warung makan membuat kamu tak perlu payah mencari tempat bersantai sambil makan. Harga sewanya pun murah yakni, Rp20.000,00 saja. Setiap gazebo bisa menampung 2-3 orang.

  1. Penyewaan Tenda

Ingin bersantai sambil tidur-tiduran atau bahkan bermalam di pantai? Sangat bisa! Bahkan, kamu tidak perlu repot membawa tenda dari rumah. Masyarakat sekitar telah memberikan penawaran sewa tenda dome ukuran kecil. Harga untuk setiap tenda dome adalah Rp60.000,00 per hari.

  1. Pantai Pok Tunggal Camping Area

Salah satu daya tarik objek wisata pantai adalah untuk menyaksikan suasana sunset yang memantulkan cahaya jingga ke permukaan laut. Itulah sebab mengapa cukup banyak turis-turis muda yang berkemah di Pantai Pok Tunggal.

Begitu tingginya peminat camping, tenda dome kerap tampak bertebaran di areal pantai. Tak ayal warna-warni dari tenda dome juga menjadi pemandangan yang menarik untuk dilihat.

Jika memutuskan untuk camping, selain harus membayar sewa tenda dome kamu juga perlu mengeluarkan biaya untuk sewa lokasi kemah. Biaya yang dikenakan bervariasi. Namun tak perlu cemas, harga sewa area camping hanya berkisar antara Rp5.000,00 sampai Rp10.000,00 per malam.

Apabila kamu ingin bermalam tetapi enggan berkemah, ada opsi lain lho. Caranya adalah dengan bermalam di penginapan yang berada di sekitar Pantai Pok Tunggal.

  1. Penginapan Pok Tunggal

Terdapat beberapa penginapan dengan jarak terdekat dari Pantai Pok Tunggal, yaitu:

  • Griya Limasan Gunungkidul

Bila bujet terbatas, penginapan ini adalah opsi yang sesuai. Harga kamar per malam mulai dai Rp250.000,00 dan itu tela termasuk sarapan. Penginapan ini beralamat di Jl. Kecubung, Pandansari, Wonosari, Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 21,2 km dari Pantai Pok Tunggal.

  • Calida Hotel

Hanya berjarak 21,4 km dari Pantai Pok Tunggal, Calida Hotel berada di Jalan Agus Salim No.7, Wonosari, Yogyakarta.

Fasilitas di hotel ini telah dilengkapi dengan wi-fi sarapan gratis untuk para pelanggan. Biaya menginap per malam dimulai dari Rp289.000,00.

  • Queen of The South Resort
Queen of The acSouth Resort di Pantai Pok Tunggal
Gambar via: tripadvisor.com

Dengan kolam renang dan view laut selatan yang indah, penginapan ini membuka harga dari Rp680.000,00 per malam. Harga yang wajar mengingat fasilitas yang jauh lebih lengkap ketimbang penginapan lain dalam daftar ini.

Lokasi Queen of The South Resort memang lebih jauh yakni, 34 km dari Pantai Pok Tunggal. Selain fasilitas yang bagus, jika menginap di sini kamu bisa sekalian menikmati keindahan Pantai Parangtritis. Alamat hotel adalah di Klampok Girijati Purwosari, Gunungkidul, Parangtritis, Yogyakarta.

Kelebihan dan Kekurangan Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul
Gambar via: akcayatour.com

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Pok Tunggal, yuk kita ulas beberapa kelebihan dan kekurangan destinasi wisata ini. Sebagai bahan pertimbangan inilah beberapa diantaranya:

Kelebihan:

  1. Lengkapnya Fasilitas Umum

Meski baru dibuka lima tahun silam, Pantai Pok Tunggal patut diakui mempunyai fasilitas umum yang terbilang mumpuni. Padahal, semua fasilitas dibangun hanya dari swadaya masyarakat setempat.

  1. Banyak Spot Foto yang Menarik

Tidak sedikit pengunjung yang mengantre untuk berfoto di naungan pohon yang menjadi ikon pantai Pok Tunggal ini. Spot andalan tidak hanya bisa kamu dapatkan di bawah pohon Duras, berfoto dengan latar tebing karang pun patut kamu coba.

  1. Pantai Bersih dan Alami

Kebersihan pantai tak lepas dari inisiatif warga yang memberlakukan sistem denda. Pasir putih yang menghampar dan air laut yang jernih tetap terjaga. Padahal, jumlah pengunjung tiap tahunnya terus bertambah.

Tak hanya itu, kondisi pantai pun terus dijaga seotentik mungkin. Hal ini tampak dari keberadaan pohon yang cuma satu-satunya di sepanjang pantai Gunungkidul. Bahkan keberadaan mata air tawar yang unik juga terus mengalir dengan lancar.

Kekurangan:

  1. Akses Transportasi

Belum terdapatnya fasilitas penerangan yang memadai menjadi salah satu faktor yang mengurangi kenyamanan pengunjung. Hal ini dapat membahayakan para turis saat melalui jalan tebing yang terjal, di sore dan malam hari. Akan sangat baik bila di waktu mendatang warga memperhitungkan pemasangan lampu di sekitar jalan umum menuju ke lokasi pantai.

Selain itu, akses menuju lokasi pantai cukup berliku. Jalanan yang masih belum semuanya diaspal menjadikan rute lebih menantang nyali.

  1. Keamanan Area Camping

Adanya satwa liar dan belum terdapat pagar pembatas, menjadikan kegiatan camping terasa sedikit riskan. Terlebih belum ada pengawas pantai yang secara rutin memeriksa kondisi area perkemahan. Jika kurang waspada, bahaya serangan satwa bisa saja dialami pengunjung.

Asalkan pengunjung memastikan tidak meninggalkan makanan di areal terbuka, umumnya satwa tak bakal berani mendekat. Jadi, jangan lupa tutup dan simpan baik-baik bekal yang kamu bawa saat camping, ya.

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Pok Tunggal. Destinasi wisata alam ini jelas layak masuk dalam wishlist kamu. Jangan lupa bagikan pengalaman kamu dengan teman-teman, ya!
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan komentar