Ingin Melihat Pelangi di Malam Hari? Taman Pelangi Jogja Solusinya

Taman Pelangi Jogja – Yogyakarta yang selama ini dikenal dengan kota budaya  dan kota pelajar sangat memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan untuk mengunjunginya. Banyak pilihan lokasi wisata yang dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi.

Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga kulineran. Banyak pilihan juga untuk mengunjungi wisata edukasi sejarah, mulai dari candi hingga museum. Yang tak kalah menjadi ikon dari kota Jogja adalah Monumen Jogja Kembali atau yang sering disebut Taman Monjali.

Monumen ini menandakan kalahnya Belanda dalam perang dan menuju kemerdekaan Indonesia. Namun sekarang, situs sejarah ini sering dilupakan dan kurang menarik pengunjung karena dianggap membosankan.

Padahal jika ingin menilik lebih dalam, dalam wisata sejarah kita dapat mempelajari seluk beluk sejaran bangsa kita. Kini Taman Monjali melakukan inovasi, agar wisata edukasi sejarah tetap menjadi destinasi wisata khususnya kaum muda.

Masih dalam area Taman Monjali terdapat taman baru yang di sebut Taman Pelangi atau Taman Lampion. Taman Pelangi ini akan terlihat indah jika dikunjungi di malam hari. Ya sekarang kita bisa melihat Pelangi di malamnya Jogja. Yeay!

Taman Pelangi Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 

Jam Buka Taman Pelangi Yogyakarta
Gambar via: padmagz .com

Selain malioboro, alun-alun kidul, dan bukit bintang, kini ada lokasi wisata menarik lainnya di Daerah Istimewa Jogjakarta yang bisa kita nikmati keindahaannya di malam hari. Ya.. Taman Pelangi Jogjakarta. Taman Pelangi Jogjakarta yang berada di pelataran Taman

Monumen Jogja Kembali atau sering disebut Taman monjali ini mulai dibuka sejak tahun 2011 silam. Disini para wisatawan dapat menikmati kerlipnya lampu yang indah di malam hari. Ya banyak lampu indah yang menghiasi taman ini.

Ada juga berbagai karakter yang tergambar dari bentuk lampion yang bermacam- macam. Sejak masuk wisatawan telah disuguhi bermacam kerlip lampu warna warni. Di taman Pelangi ini terdapat 2 pintu masuk yaitu bagian barat dan timur.

Jika masuk melalui pintu sebelah timur maka wisatawan akan disuguhi oleh lampu yang berbentuk pelangi. Cantik bukan? Di Taman Pelangi Jogjakarta ini wisatawan dapat mengambil foto yang indah bersama banyak sekali tokoh karakter pada lampion.

Tokoh karakter lampion seperti hello kitty, aneka ragam fauna, bahkan hingga binatang bawah laut, aneka bentuk flora, wajah tokoh- tokoh nasional , serta banyak lagi karakter kartun terkenal.

Cocok bukan untuk tujuan wisata keluarga. Karena mulai anak-anak hingga dewasa bisa menikmati keindahan lampu di malam hari ini.

Fasilitas di Taman Pelangi Jogja

Wisata Taman Pelangi Jogja
Gambar via: jpswisata .com

Selain keindahan lampu dan lampion yang berwarna warni dan berbagai bentuk karakter, di Taman Pelangi Jogjakarta ini juga terdapat banyak sekali permainan pendukung. Mulai dari bianglala, ATV, trampolin, bom- bom car, battery car, Auro Bungee, Junior Jet, sepeda tandem, hingga wahana air.

Seperti bebek kayuh, spead boat, bola air, perahu dayung dan masih banyak lagi. Dan yang ingin menguji nyalinya, bisa masuk ke wahana Puri Hantu. Seru bukan?

Nah jadi tidak hanya berburu foto dengan indahnya lampion saja kan, kita juga bisa memanfaatkan berbagai wahana yang tersedia. Setelah lelah berkeliling menikmati indah kerlipnya lampu, pastilah perut akan terasa lapar.

Terkait masalah perut, Kamu juga ngga perlu kuwatir, di taman Pelangi Yogyakarta ini juga terdapat food court yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minman.

Mulai dari makanan khas, makanan berat, hingga camilan semua tersedia. Tak perlu keluar dan mencari ke tempat yang jauh untuk urusan mengisi perut. Selain itu disini juga tersedia mushola, dan area parkir yang cukup luas.

Dengan fasilitas yang begitu lengkap itu, tak ayal jika para wisatawan tertarik untuk menikmati dan menghabiskan malam di Taman Pelangi ini. Selain para wisatawan indahnya lampu juga dijadikan tujuan para calon pengantin untuk berburu foto prewedding dengan latar indahnya kerlipan lampu tersebut.

Selain itu di Taman Pelangi ini sering diadakan event-event tertentu, seperti event musik dan masih banyak lagi, jika beruntung dan datang saat terdapat event, para pengunjungpun dapat menikmati event yang sedang diadakan.

Lokasi dan Akses Taman Pelangi Jogjakarta

Lokasi dan Akses Taman Pelangi Yogyakarta
Gambar via: koumasumiyuki.wordpress .com

Taman Pelangi Jogjakarta ini berada dalam satu wilayah dengan Taman Monumen Jogja Kembali atau yang sering disebut Taman Monjali. Taman Pelangi ini berada di pelataran Taman Monjali. Secara administratif objek wisata edukasi ini terletak di Jalan Ringroad Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Untuk akses menuju lokasi Taman Monjali, terhitung sangat mudah dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum. Kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, serta kendaraan umum seperti bus.

Untuk menuju ke lokasi Taman Pelangi, untuk yang menaiki kendaraan umum bisa menaiki Trans Jogja dengan jalur 2A dan 2B yang melewati shelter Monjali, atau untuk para wisatawan yang tak ingin bingung untuk menjangkau lokasi bisa memanfaatkan sewa mobil Jogja.

Untuk masuk ke dalam lokasi wisata Taman Pelangi ini wisatawan bisa mengakses dari dua pintu masuk yang tersedia, yaitu pintu barat dan timur.

Pintu sebelah timurlah yang sering menjadi pintu masuk utama para wisatawan karena dalam pintu ini di suguhi lampu besar berbentuk dan berwarna layaknya pelangi.

Jam Buka Taman Pelangi Yogyakarta

 

Taman Pelangi Jogjakarta ini bisa dibilang lokasi wisata malam hari di Jogja, Taman buka setiap hari dari hari Senin hingga Minggu. Jadi tak perlu khawatir jika ingin berkunjung ke Taman Pelangi kapan saja. Waktu buka Taman Pelangi Jogja adalah:

HariJam Buka
Senin - KamisDari Pukul 17.00 s/d 22.00 WIB
Jumat - MingguDari Pukul 17.00 s/d 23.00 WIB
MingguKhusus wahana buka dari pagi

Jika untuk Monumen Jogja Kembali buka dari pagi hingga sore. Jadi untuk para wisatawan tak perlu takut panas saat mengunjungi lokasi wisata ini, dan perlu persiapan juga jika cuaca buruk atau hujan, karena lokasi Taman Pelangi ini outdoor.

Harga Tiket Masuk Taman Pelangi Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Taman Pelangi Jogja
Gambar via: Kulinerwisata .com

Harga tiket masuk lokasi wisata Taman Pelangi Jogjakarta terhitung terjangkau dan sesuai dengan fasilitas yang di dapatkan. Harga tiket masuk untuk hari Senin hingga Kamis adalah sebesar Rp 15.000.

Untuk hari Jumat hingga Minggu sebesar Rp 20.000 dan tanggal merah dan hari besar lainnya sebesar Rp 20.000. Namun bagi para wisatawan yang rombongan lebih dari 30 orang maka akan mendapatkan bonus diskon sebesar 20%.

Setiap hari Senin hingga Kamis sebesar Rp 12.000. Sedang hari Jumat hingga Minggu sebesar Rp 16.000. harga termasuk ramah kantong untuk wisata bersama keluarga. Selain harga tiket masuk berikut adalah daftar harga sewa permainan yang ada di dalam Taman Pelangi Yogyakarta:

Jenis PermainanHarga Tiket Masuk
Boom Boom CarRp 10.000,00
Becak MiniRp 10.000,00
Safari TrainRp 10.000,00
HelicakRp 20.000,00
TandemRp 15.000,00
Speed BoatRp 10.000,00
Bola AirRp 15.000,00
Perahu DayungRp 20.000,00
ATVRp 15.000,00
Batery CarRp 10.000,00
Auro BungeeRp 20.000,00
Puri HantuRp 10.000,00
TrampolinRp 10.000,00
Junior JetRp 10.000,00

Penginapan di sekitar Taman Pelangi Yogyakarta

Untuk para wisatawan yang lelah dan ingin bermalam di sekitar Taman Pelangi, tak perlu khawatir karena di sekitar Taman Pelangi ini terdapat banyak penginapan yang bisa dipesan oleh para wisatawan.

Terdapat banyak pilihan dari mulai tempat hingga harga. Berikut adalah beberapa daftar penginapan yang berada di sekitar Taman Pelangi Jogjakarta:

Indoluxe Hotel Jogjakarta

Hotel ini berada sekitar 299m dari Taman Pelangi Jogjakarta, adalah sebuah hotel mewah dengan konsep baru diJogjakarta. Fasilitas yang disediakan pun lengkap. Hotel yang berdiri sejak tahun 2014 ini, berada di Jl Palagan Tentara Pelajar No 106 Yogjakarta

The Rich Jogja Hotel

Hotel yang terletak di Jl Magelang KM 6 No 18 Sinduadi, Sleman Jogjakarta ini juga memiliki fasilitas yang lengkap dan sangat cocok digunakan untuk melepas lelah usai berjalan-jalan di Taman Pelangi Jogjakarta. Hotel ini berada kurang lebih 968m dari Taman Pelangi Yogya.

Grand Keisha Yogyakarta by Horison

Hotel ini berada sekitar 3km dari lokasi Taman Pelangi Jogjakarta tepatnya di Jl Affandi No 09, Gejayan, Sleman, Yogyakarta. Menyediakan fasilitas yang mumpuni untuk para wisatwan yang ingin bermalam.

Amaris Hotel Sagan, Yogyakarta

Hotel yang berjarak cukup dekat dengan Taman Pelangi Jogjakarta ini berada di Jl Prof Dr Herman Yohanes no 16 Sagan, Jogjakarta. Hotel ini berjarak sekitar 3,5 km dari lokasi wisata Taman Pelangi Jogjakarta. Fasilitas yang disediakan juga lengkap, serta nyaman huni.

Swiss- Belboutique Yogyakarta

Swiss- Belboutique berada di Jl Jend Sudirman No 69 Jogjakarta ini berada sekitar 3,6 km dari lokasi wisata Taman Pelangi Jogjakarta. Tempat yang layak huni ini juga terdapat fasilitas yang memadai.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkunjung

Hal-hal penting yang harus diperhatikan saat wisatawan memutuskan untuk pergi wisata ke suatu tempat adalah kondisi badan yang sehat dan fit.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat berwisata. Selain itu perlu dibawa obat atau peralatan pribadi yang selalu di butuhkan saat kondisi darurat. Taman pelangi Jogjakarta ini lokasinya bersifat outdoor dan temasuk wisata malam.

Sehingga kebutuhan baju hangat bisa disiapkan untuk selalu menjaga suhu tubuh dari angin malam. Selain itu wisatawan harus selalu memperhatikan cuaca yang ada, karena bersifat outdoor maka bersedialah payung jika sedang musim penghujan dan hujan dapat datang sewaktu- waktu.

Hal- hal tersebut bisa disiapkan sebelum memulai perjalanan wisata. Dan satu hal yang bisa disiapkan adalah menyiapkan kamera yang dapat mendukung wisatawan dalam menangkap momen yang ada.

Tak hanya kualitas kamera saja yang bagus, teknik membidik gambar juga diperlukan untuk dapat mengambil momen yang indah lewat hasil foto yang bagus. Foto adalah cara lain mengingat momen, dan dapat digunakan untuk para wisatawan membagikannya pada laman sosial medianya.

Membagikan setiap momen liburan di suatu tempat baru dapat menjadi ajang promosi juga untuk meningkatkan kunjungan ke lokasi wisata tersebut.

Berwisatalah beramai-ramai dengan teman, saudara atau family agar momen wisata dapat dinikmati secara sempurna. Selamat berwisata bersama keluarga.

Our Reader Score
[Total: 2 Average: 5]

Tinggalkan komentar