Tebing Breksi Jogja, Area Bekas Tambang Disulap Menjadi Tempat Wisata

Tebing Breksi Jogja – Indonesia mempunyai potensi wisata yang tak terhitung nilainya. Mulai dari yang berada di Pulau Jawa, Bali, Lombok, Maluku, Sulawesi dan banyak lagi pulau yang ada di Indonesia. Di masing-masing lokasi memiliki keunikan masing- masing.

Bahkan sama- sama di Pulau Jawa pun karakteristik wisatanya berbeda. Kali ini mari kita intip banyaknya lokasi wisata di Pulau Jawa khususnya di Jogjakarta. Kota yang dikenal dengan kota wisata ini tak pernah kehilangan pesonanya dimata wisatwan. Banyak destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Wisata alam, budaya, hingga wisata kuliner. Selain lokasi wisata yang sudah ada sejak lama seperti keraton, pantai, candi, pusat belanja malioboro, hutan pinus, kini ada lokasi wisata baru yang ada di Jogjakarta, yaitu lokasi Tebing Breksi.

Ya lokasi ini sangat menarik bagi para wisatawan karena jenis wisata baru yang unik dan menyuguhkan pemandanagan indah yang cukup berbeda.

Walaupun sebelumnya telah ada lokasi sejenis seperti Green Canyon di Amerika, Bastei Rocks di Jerman, Bukit Jeddih di Madura, Danau Quarry di Bogor, dan Brown Canyon di Semarang, namun lokasi ini tetap menarik perhatian wisatawan.

Lokasi wisata yang merupakan bekas penambangan batu Breksi ini kini di sulap menjadi sebuah tepat yang sangat indah. Lokasi wisata ini baru dibuka pada tanggal 30 Mei 2015 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

“Tebing Breksi merupakan buah tangan dari kretivitas warga sekitar dan para seniman untuk memanfaatkan lahan bekas tambang sehingga dapat menjadi lokasi wisata  baru yang indah dan sangat menarik untuk dikunjungi”

Sejarah Tebing Breksi Yogyakarta

http://jogjaempatroda.com/wp-content/uploads/2016/08/Tebing-Breksi02.jpg

Lokasi wisata yang sangat terkenal di kalangan remaja karena memiliki spot- spot foto yang indah dan instagramable ini menjadi magnet para wisatawan yang sedang mencari destinasi wisata baru di Yogyakarta.

Untuk para wisatawan khusnya untuk para remaja dengan spot foto yang dapat mempercantik feed laman sosial media mereka. Selain itu suasana baru yang belum ada sebelumnya inilah yang menaarik dan membuat wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Namun siapa sangka bahwa tempat ini merupakan:

Tebing Breksi Hasil Endapan Erupsi Abu Vulkanik Gunung Nglanggeran

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa bebatuan yang terdapat di Tebing Breksi ini merupakan endapan abu vulkanik yang berasal dari letusan Gunung Api Ngalnggeran.

Di duga bahwa letusan Gunung Api Nglanggeran ini terjadi sekitar 20 juta tahun silam, yang tak kalah besarnya dengan letusan yang terjadi di Toba Volcano.

Setelah penelitian bahwa tebing ini merupakan hasil endapan dari erupsi Gunung Api Nglanggeran, maka pemerintah menyatakan bahwa lokasi ini masuk ke dalam geo herritage atau cagar alam yang dilindungi.

Lokasi Penambangan Batu Breksi

Lokasi yang kini tengah ramai dikunjungi wisatawan siapa sangka bahwa ini dulunya adalah lokasi penambangan batu Breksi. Warga sekitar lingkungan ini dulunya banyak yang menggantungkan hidupnya dengan melakukan penambangan batu di lokasi ini.

Namun setelah adanya penelitian bahwa penambangan ini merupakan salah satu dari cagar alam yang dilindungi akhirnya pemerintah menutup area ini dari penambangan masyarakat.

Hasil Kreativitas Masyarakat dan Seniman

Setelah keputusan pemeritah menetapkan bahwa Tebing Breksi ini adalah cagar alam yang harus dilindungi, dan menutup area ini sebagai penambangan, maka masyarakat sekitar banyak yang kehilangan mata pencaharian sebagai pemanbang batu.

Akan tetapi masyarakat sekitar tak tinggal diam, dan memutar otak. Melihat banyak wisatawan yang tak sengaja mampir untuk berfoto di lokasi bekas penambangan ini akhirnya masyarakat sekitar melihat potensi yang ada.

Lokasi ini kahirnya disulap menjadi lokasi wisata yang indah. Atas kreativitas masyarakat sekitar dan campur tangan seniman Jogja, lokasi ini menjadi tempat yang indah.

Pahatan-pahatan yang berada di sepanjang tebing menambah keindahan. Serta anak tangga yang sengaja dibuat untuk mencapai puncak tebing menambah kesan apik lokasi ini, juga spot  foto yang instagramable untuk para wisatawan.

Fasilitas yang Terdapat di Tebing Breksi Jogja

Sejarah Tebing Breksi Jogja
Gambar via: joglowisata .com

Fasilitas yang ada di suatu lokasi wisata menjadi salah satu hal yang diperhatikan olh para wisatawan yang hendak menuju ke lokasi wisata tersebut. Begitu juga fasilitas yang terdapat di Lokasi Tebing Breksi Jogjakarta, walaupun terhitung lokasi wisata baru, namun fasilitas vital telah tersedia disini. Berikut fasilitas yang disediakan:

Spot Foto yang Instragramable

Jika kalian kini telah kecanduan dengan sosial media, pastilah ingin terus berburu lokasi baru yang nampak bagus jika difoto dan dapat mempercantik feed dari halaman sosial media.

Ya kini selain pemandangan yang indah hal yang paling diserbu wisatawan adalah spot foto yang bagus. Disini pengelola telah memanfaatkan potensi tersebut. Ya dengan banyaknya pahatan relief yang indah di sepanjang didnding tebing ini juga terdapat anak tangga yang indah jika digunakan sebagai spot foto.

Selain hanya dimanfaatkan untuk mempercantik feed instagram, banyak juga dimanfaatkan oleh para fotografer untuk menjadikannnya lokasi prewedding para calon pasangan pengantin.

Selain itu karena pemandangannya yang indah juga dimanfaatkan sebagai setting dalam cinema, salah satunya dimanfaatkan oleh Afgan sebagai salah satu latar dalam salahsatu video klipnya.

Tlatar Seneng

http://jogjaempatroda.com/wp-content/uploads/2016/08/Tebing-Breksi02.jpg

Di lokasi wisata Tebing Breksi ini terdapat pelataran yang cukup luas, berdiameter sekitar 15m dengan kursi melingkar di sisinya ini. Kursi- melingkar ini akan dipenuhi oleh para wisatawan jika terdapat acara yang digelar. Sudah banyak acara besar yang dilaksanakan ditempat ini. Seperti konser musik, pegelaran tari, dan banyak lagi. Seperti musisi besar Indonesia, Dewa Budjana ini telah melakukan konser ditempa ini. Selain itu juga pernah terjadi acara besar seperti Sleman Tample Run pada 16 Juli 2017.

Area Parkir yang Luas

Untuk lokasi wisata salah satu yang dibutuhkan adalah kantong parkir kendaraan untuk pengunjung yang cukup luas, apalagi jika sudah memasuki akhir pekan dan musim liburan sekolah yang membuat pengunjung yang datang akan bertambah berkali lipat. Selain luasnya kantong parkir keamanan juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

Warung Makan

Tak perlu khawatir untuk urusan mengisi perut saat sedang berwisata di Tebing Breksi Jogjakarta ini, disini telah tersedia warung makan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.

Toilet

Disini juga sudah tersedia fasilitas toilet untuk para wisatawan. Dan hal penting yang harus di perhatikan oleh para pengunjung adalah selalu tetap menjaga kebersihan pada fasilitas yang telah disediakan.

Mushalla

Di lokasi ini juga terdapat fasilitas mushola, jadi untuk mencari tempat bersih untuk beribadah tak perlu susah lagi. Walaupun telah disediakan alat sholat, tidak ada salahnya jika wisatawan tetap membawa peralatan sholat pribadi.

Lokasi dan Rute Menuju Lokasi Wisata Tebing Breksi Jogja

Hal yang banyak dicari oleh para wisatawan saat hendak mengunjungi suatu lokasi wisata adalah lokasi dan rute untuk mencari lokasi wisata. Karena lokasi wisata ini tergolong baru jadi banyak wisatawan yang masih bingung untuk mencari rute menuju lokasi. Berikut informasi yang dapat dibagikan :

Lokasi Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Letak lokasi Tebing Breksi ini berada tak jauh dari lokasi wisata yang berada di Jogja lainnya, lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan, Candi Ijo, Candi Ratu Boko, Puncak Bucu Piyungan dan kawasan Geo herritage lainnya.

Tebing Breksi ini terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau berjarak sekitar 3km dari Candi Prambanan.

Rute menuju Lokasi Tebing Breksi Jogja

Untuk menuju lokasi ini tidaklah sulit untuk dicapai. Jika berasal dari Jogja kota, wisatawan dapat mengambil arah menuju Candi Prambanan. Dari jalan ringroad Utara hingga sampai di RS Hermina, dan jika mendapati pertigaan ambil yang menuju arah Candi Prambanan, atau Jl Solo.

Jika sudah sampai ke pertigaan Pasar Prambanan mengambil ke arah Piyungan. Mengikuti Jl Opak Raya, kemudian ke Opak VIII lanjut ke Jl Raya Piyungan lalu ke Jl Candi Ijo.

Telah sampai disini akan ada petunjuk arah menuju lokasi. Namun jika kendaraan umum blm ada yang bisa sampai ke lokasi, jika ingin menggunakan kenndaraan umum bisa memanfaatka jasa ojek online atau  sewa mobil Jogja.

Lokasi 1 KM terakhir jalan yang dilalui cukup terjal, sehingga kondisi kendaraan yang digunakan harus bagus, dan kepiawaian pengemudi juga dibutuhkan. Untuk mencapai lokasi ini bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Tebing Breksi

Untuk par wisatwan yang akan datang ke lokasi ini baik secara perorangan atau rombongan, tak perlu khawatir untuk mengeluarkan uang untuk membeli tiket masuk lokasi wisata, karena harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini adalah gratis, belum ada biaya retribusi untuk masuk ke lokasi wisata ini.

Hanya saja para wisatawan perlu membayar biaya parkir secara sukarela.  Untuk jam buka lokasi wisata ini dimulai dari jam 5 pagi. Dan di jam 5 pagi ini para wisatwan dapat menikmati segarnya udara serta terbitnya matahari dari ufuk timur.

Suasana Tebing Breksi pada Malam Hari

https://4.bp.blogspot.com/-MrS1xDwf1Sc/WDE75PKaZqI/AAAAAAAAAI8/ZRyuBzmgxik85dTskchG0ViXcbxa5cqgwCLcB/s1600/tebing%2Bbreksi3.JPG

Untuk para wisatawan, tebing Breksi ini memiliki waktu-waktu yang indah untuk dikunjungi, yaitu saat pagi hari, sore hari dan juga malam hari. Saat pagi hari para wisatawan dapat menikmati indahnya warna dan suasanan sejuk saat matahari akan terbit di ufuk timur, pun juga pada sore hari.

Disini akan menjadi tempat yang syahdu untuk menikmati warna jingga saat senja mulai datang dan matahari kembali ke peraduannya. Banyak para wisatawan yang memanfaatkan waktu-waktu itu untuk menikmati keindahannya.

Selain itu saat malam tiba, tak kalah indah pemandangan yang dapat dilihat. Sepanjang dinding tebing yang dipenuhi relief dari pahatan indah seniman ini disorot oleh lampu yang terang sehingga kesan dramatis akan lebih muncul.

Jika menaiki tebing di malam hari akan bisa menikmati kerlip lampu di Kota Jogjakarta, jika cuaca cerah maka akan ditaburi oleh bintang diatas langit. Selain itu di malam hari jika bertepatan dengan adanya event di tempat ini wisatwan dapat menikmatinya.

Seperti event musik, pagelatan tari dan drama, dan event-event lainnya yang kebanyakan di laksanakan pada malam hari. Karena di siang harinya lokasi ini sangat terik karena tidak ada pohon yang dapat menjadi tempat berteduh.

Our Reader Score
[Total: 2 Average: 5]

Tinggalkan komentar